Keren inilah sistem dagang Kerajaan Jambi di masa lalu

Keren, inilah sistem dagang Kerajaan Jambi di masa lalu

Langkah Hemat Pererat Pertemanan dengan JalanJalan Terdapat beberapa kota di Indonesia, salah nya ialah Jambi. Dahulu, ada pula kerajaan Islam yang ada di Jambi, yakni kerajaan Jambi. Saat ini, Kelas Merdeka bakal mengulas mengenai Kerajaan itu.

Hadirnya Islam di Jambi kirakira mulai sejak era 9 hingga era 13. Menurut Undangundang Jambi, Datuk Paduka Berhala yaitu orang yang datang dari Turki lantas terdampar di Pulau Berhala. Datuk ini lantas di kenal dengan nama Ahmad Salim. Ahmad Salim ini menikah dengan putri Salaro Pinang Masak serta melahirkan Orang Kayo Hitam, Sultan Jambi yang populer. Lantaran Putri Salaro Pinang Masak telah Islam, jadi Ahmad Salim turut jadi seseorang Muslim.

Menurut silsilah keluarga Kerajaan jambi, pernikahan Datuk serta Putri Salaro ini melahirkan 3 orang lagi, yakni Orang Kayo Pingai, Orang Kayo Pedataran atau Kedataran, serta Orang Kayo Gemuk. Penerus Datuk Paduka Berhala ini yaitu Orang Kayo Hitam serta istrinya, Putri Panjang Rambut. Kekuasaan Orang Kayo Hitam ini sekitar di th. 1500. Kekuasaan ini diteruskan oleh Panembahan Ilang di Aer. Lantas digantikan oleh Sultan Abdul Kahar, di saat pemerintahannyalah orang VOC mulai datang serta merajut jalinan dagang.

Mereka beli hasil bumi kerajaan Jambi, terlebih Lada. Pada th. 1616, Sultan Jambi mengizinkan orang Belanda untuk bangun loji di Muara Kompen. Tetapi, pada th. 1636, loji itu ditinggalkan lantaran rakyat tidak ingin jual hasil panennya pada VOC. Mulai sejak waktu tersebut, jalinan kerajaan Jambi serta VOC makin renggang dari hari ke hari. Hingga Gubernur jendral VOC, Antonio van Diemn menuduh Jambi bekerja bersama dengan Mataram.

Nah, saat ini anda sudah mengetahui mengenai Kerajaan Jambi serta system perdagangannya. Tertarik kan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s