Selekasnya Bersihkan Perlengkapan Masak Ini, Bila Tidak Ingin Terkena Penyakit!

  • Piring dan Gelas

    Piring serta gelas mungkin saja dapat menanti untuk dicuci. Tetapi, janganlah beberapa cobalah membiarkan perlengkapan masak di bawah ini menumpuk ditempat cucian. Piring serta gelas memanglah dianjurkan untuk dihimpun dulu serta dicuci berbarengan. Manfaatnya untuk menghemat saat sekalian menghemat air. Namun, walau Anda tengah tidak mood bersihkan alat makan, sebagian alat dapur ini baiknya selekasnya dicuci demikian usai dipakai.

  • Pisau

    Anda tidak pernah terlepas memakai pisau sepanjang di dapur. Tidak heran bila pekerjaan pisau paling berat. Demikian Anda usai memotong atau mengupas semua bahan makanan, selekasnya bersihkan pisau dengan sabun bersihkan piring. Soalnya, sisa cairan berbahan makanan yang melekat di pisau begitu mungkin saja mengundang bakteri untuk hinggap di pisau itu. Bahkan juga, sebaiknya Anda segera membersihkan pisau yang telah dipakai untuk memotong daging serta ikan. Spesial untuk pisau, irislah jeruk nipis, lantas gosokkan sisi dalamnya ke permukaan pisau. Cairan jeruk nipis dapat menyingkirkan bakteri yang melekat di pisau.

  • Talenan

    Apabila Anda memakai talenan kayu, janganlah dibiarkan talenan kotor sangat lama. Setiap saat Anda memotong, dibagian atas talenan bakal tersisa goresan pisau dan sisa bahan yang Anda potong. Membiarkan talenan kotor sangat lama bakal mengundang jamur hingga mengakibatkan talenan beraroma tidak enak, bahkan juga jamuran. Selekasnya siram talenan dengan air hangat, lantas bersihkan dengan sabun pencuci piring.

  • Parutan

    Parutan umumnya tidak cuma dipakai untuk memarut kelapa, namun juga semua bahan bumbu dapur, seperti lengkuas, kunyit, serta jahe. Mengakibatkan parutan jadi bernoda serta aromanya sulit hilang. Untuk menyingkirkan nodanya, parutlah roti kering di parutan hingga membuahkan serbuk seperti pasir. Sisa noda bumbu yang melekat di parutan bakal berjatuhan berbarengan serbuk roti. Kemudian, bersihkan parutan dengan sikat gigi sisa yang halus yang digabung sabun pencuci piring lantas basuh dengan bersih.

  • Saringan

    Dari mulai saringan gelas untuk menyaring teh sampai saringan untuk tepung, baiknya cepatlah bersihkan selesai dipakai. Sisa bahan makanan yang melekat pada saringan bakal meninggalkan noda membandel yang susa dibikin bersih. Langkahnya, siram saringan dengan air mengalir lantas bersihkan permukaannya dengan spons atau kain basah sampai semua permukaannya bersih. Sikat permukaan saringan dengan sikat gigi halus, lantas basuh kembali dengan air bersih.

  • Cobek

    Permukaan cobek condong tidak rata, jadi bila Anda tidak segera bersihkan bahan makanan yang melekat di atasnya, peluang cairannya bakal terserap di permukaan yang berpori itu. Tidak cuma mengakibatkan cobek rawan jamuran, namun juga mengakibatkan kerusakan rasa makanan. Waktu Anda memakai cobek untuk mengulek bahan yang lain, rasa-rasanya bakal bercampur dengan sisa bahan yang masihlah melekat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s